Pidatoku

Selamat pagi teman-teman .
Salam sejahtera untuk kita semua.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Tuhan yang  Maha Esa, yang telah membrikan rahmat-Nya kepada kita berupa kesehatan dan kesempatan sehingga kita dapat bertemu lagi dalam kesempatan yang berbahagia  ini tanpa halangan suatu apapun.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan membahas mengenai “Pengaruh Budaya Asing” yang masuk ke Indonesia. Kita tahu dengan semakin majunya IPTEK, maka informasi-informasi apa saja akan segera kita ketahui. Salah satu media teknologi yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat adalah “Televisi”. Televisi sangat besar pengaruhnya terhadap perubahan yang terjadi di masyarakat, karna televisi sering menanyangkan acara yang berbau ‘Budaya Asing”, khususnya “Budaya Barat”. Dari situlah masyarakat mulai mengenal dan lambat laun akan meniru apa yang mereka lihat, mulai dari kebiasaan, tingkah laku, gaya bahaasa dan cara berpakaian.

Kita tahu masyarakat khususnya para remaja putri ada yang sebagian besar cara berpakainnya meniru “Buaya Barat”. Memakai pakaian yang kurang bahan seperti rok mini dan kaos strit. Mereka tidak malu bahkan mereka bangga dengan apa yang mereka lakukan. Itu mereka tunjukkan dari memakai pakaian tersebut dan berjalan-jalan keliling kota. Mereka merasa jika berpakain seperti itu mereka akan terlihat “WAAHHH”. Mungkin sebagian orang memandang mereka menarik, karna berpakain sexy, namun bagi orang yang benar-benar mengerti tentang budaya dan agama, mereka justru akan mencela, karna perbuatan tersebut dinila sangat buruk.

Mengapa hal tersebut bisa sampai mereka lakukan, padahal mereka tau perbuatan tersebut bertentangan dengan adat dan agama? Itu mereka lakukan karna mereka tidak bisa menyaring  budaya yang masuk ke dalam mereka, sehingga mereka mudah terjebak masuk kedalam ‘Budaya Asing” tersebut dan lupa akan budayanya sendiri, yaitu ‘Budaya Orang Timur”. Jika kita bisa menyaring “Budaya Asing” yang masuk ke kita maka kita akan memilih dengan hati-hati mana yang baik dan mana yang buruk. Salah satu manfaat masuknya “Buday Asing” ke Indonesia adalah kita menjadi tahu dan mengerti mengeni adat , kebiasaan, tingkah laku dari “Budaya Asing tersebut sehingga dapat menambah wawasan kita.

Pengaruh “Budaya Asing” yang melanda Indonesia memang tidak bisa dihidari, hanyasaja kita harus benar-benar pandai dalam memilih apa yang baik dan yang bertentangan dengan agama dan sesuai dengan “Budaya Orang Timur”. Kita harus punyya prinsip “Jika iya, katakan iya, dan jika tidak, katakan tidak”.

Sekian dari saya, jika ada kesalahan dalam pengucapan atau kata-kata yang menyinggung dan yag kurang enak didengar, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Selamat Pagi dan Salam sejartera untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s