10 Jenis Kanker yang Menyerang Wanita

Kanker adalah jenis penyakit yang mematikan dan penyakit yang menakutkan. Banyak jenis kanker yang menyerang wanita. Secara umum pemicu kanker adalah gaya hidup yang kurang memperhatikan kesehatan sehingga berpotensi virus atau penyakit dapat dengan mudah menyerang tubuh kita. Berikut ini adalah 10 jenis kanker yang menyerang wanita.

10 kanker yang menyerang wanita

1. Kanker Usus Besar

Kanker usus besar adalah jenis kanker yang dapat menyerang wanita, meskipun tidak menutup kemungkinan pria pun berpontensi terkena kanker ini. Kanker usus besar atau kanker kolon biasa terdeteksi di usia di atas 40 tahun. Sebagai saluran terakhir pencernaan makanan, usus kita berpotensi terkena kanker dari makanan yang kita konsumsi. Kurang makan sayur, buah yang mengandung serat di usia 40 tahun berpotensi terserang kanker kolon. Gejala kanker kolon salah satunya adalah pendarahan pada rektum, adanya darah dalam tinja, lemah, pucat, kurus all. Bagi yang memiliki riwayat keluarga dan pernah terkena kanker ovarium, kanker paru-paru disarakan untuk melakukan pemeriksaan dini sebelum usia 50 tahun.

 

2. Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru adalah jenis kanker yang dapat menyerang wanita. Meskipun pria lebih berpotensi terkena kanker paru-paru karena ada hubungannya dengan kebiasaan buruk merokok. Semakin banyaknya wanita yang merokok dan terkena asap rokok dari lingkungannya dapat memicu terkena kanker paru-paru. Kanker paru-paru terjadi karena ada pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam paru-paru yang disebabkan oleh karsinogen lingkungan (asap rokok). Gejala kanker paru-paru adalah batuk terus menerus dan menjadi hebat, dahak berdarah dan semakin banyak, sesak nafas, sakit kepala, kelelahan kronis, hilangnya nafsu makan dan berat badan yang turundrastis, pembengkakan di wajah atau leher. Gejala kanker paru-paru tidak terlalu terlihat, sehingga penderita baru menyadari setelah stadium lanjut. Periksakan secara rutin kesehatan anda dan selamatkan diri anda dan keluarga anda dari asap rokok.

3. Kanker Kulit

Kanker kulit adalah jenis kanker yang dapat menyerang wanita. Kanker kulit dapat terjadi karena adanya virus-virus penyebab kanker, materi genetis. Kandungan kimia berbahaya dalam kulit dan sinar matahari adalah faktor penyebab dari luar tubuh kita. Wanita lebih rentan dengan kanker kulit karena make up atau produk skin-care yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti mercuri. Kanker kulit dapat dihindari dengan menjaga kesehatan tubuh kita agar terhindar dari virus, hindari paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet dalam jangka waktu yang lama, hindari pemakaian make up dan produk-produk skin-care yang mengandung bahan kimia berbahaya, produk pemutih kulit dan lain sebagainya.

4. Kanker Vagina

Kanker vagina adalah jenis kanker yang menyerang wanita yang telah memasuki masa menopause. Tetapi tidak menutup kemungkinan wanita yang berada fase reproduktif juga dapat terkena kanker ini. Penyebab kanker vagina adalah tidak menjaga kebersihan alat reproduksinya, kebiasaan merokok, mengidap kanker leher rahim, melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan dan lain sebagainya. Gejala kanker vagina adalah adanya benjolan pada vagina, sekresi cairan encer dari vagina, rektum terasa nyeri ketika berkemih dikarenakan kanker yang sudah parah, pendarahan pada vagina. Upaya untuk menangani kanker vagina salah satunya dengan kemoterapi (pemberian obat kanker), radioterapi (penyinaran), eksenterasi (pengangkatan leher rahim, vagina, rahim dan kandung kemih) dan lain sebagainya.

 

5. Kista

Kista adalah tumor jinak yang terdapat dalam organ reproduksi wanita yang paling banyak ditemui. Kista termasuk tumor jinak yang terbungkus selaput jaringan. Kista tidak dapat menyebar karena kista terdiri atas sel-sel tumor yang terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya. Kista dapat diangkat dengan cara pembedahan dan biasanya tidak membahayakan bagi penderitanya. Ada banyak faktor pemicu terjadinya kista, salah satunya adalah udara yang tercemar yang mengandung dioksin, faktor genetis, faktor makanan yang dikonsumsi dan lain sebagainya. Meskipun kista tidak berbahaya tetapi kehadirannya jangan diabaikan, karena jika sadar akan adanya kista dalam tubuh, maka kista berpotensi menjadi “silent killer”.

 

6. Miom

Miom adalah bungkus otot rahim yang berubah menjadi tumor jinak, atau dengan bahasa yang mudah dimengerti miom adalah daging tumbuh di dalam rahim. Miom menyerang wanita dan jika menyerang ibu hamil, maka tidak boleh diangkat karena akan beresiko keguguran. Miom uteri dapat mengganggu kehamilan dapat diangkat dengan cara tanpa pembedahan (laparoskopi). Gejala miom adalah pendarahan selama atau diluar masa menstruasi dalam waktu yang lama, sulit hamil, terasa kenyal diperut bagian bawah (rahim), terasa ada benjolan diperut, nyeri hebat selama menstruasi dan lain sebagainya.

 

7. Kanker Payudara

Kanker payudara adalah jenis kanker yang menyerang wanita. Kanker payudara juga menyerang pria, tetapi wanita lebih berpotensi terkena kanker ini. Kanker payudara terjadi karena pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali. Dengan kata lain, sel-sel lama yang seharusnya mati tetapi tidak mati dan sel-sel baru terus tumbuh, menjadikan jumlah sel yang berlebihan dan tidak terkendali, inilah yang menyebabkan kanker payudara. Ada banyak faktor terjadinya kanker payudara, diantaranya adalah; faktor usia-wanita berusia diatas 50 tahun rentan terkena kanker payudara, riwayat keluarga yang terkena kanker payudara, terkena radiasi di bagian dada, pengaruh penggunaan hormon, kepadatan payudara, obesitas, mengkonsumsi alkohol, merokok, dan lain sebagainya. Gejala yang dapat diketahui sejak dini adalah keluar cairan dari puting susu, payudara mengalami pembengkakan dan penebalan kulit, terdapat benjolan di bawah lengan, ruam pada kulit payudara, areola bersisik-memerah dan membengkak dan lainnya.

 

8. Kanker Ovarium

Kanker ovarium disebut juga kanker indung telur adalah jenis kanker yang menyerang wanita. Penyebab kematian tertinggi wanita. Kanker ovarium adalah kanker yang menyerang ovarium (organ reproduksi wanita yang berada di perut bagian bawah dan bebentuk seperti kacang). Kanker ovarium sulit untuk dideteksi dan baru disadari setelah memasuki stadium lanjut. Gejala kanker ovarium adalah nyeri di perut, perut mengalami pembesaran, nafsu makan hilang dan sering merasa kenyang, kembung secara terus-menerus, pendarahan pada vagina, berat badan selalu mengalami menurunan, sering muntah-muntah, merasa kelelahan dan pusing. Faktor memicu kanker payudara diantaranya; penggunaan pil KB, terlalu sering mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi, merokok, kurang berolahraga, polusi, terpapar virus dan lain sebagainya.

 

9. Kanker Endometrium

Kanker endometrium disebut juga kanker rahim. Kanker endometrium menyerang rahim wanita dan merupakan pembunuh nomor satu. Gejalanya sulit terdeteksi hingga stadium lanjut sehingga disebut “silent killer”. Penelitian menyatakan bahwa ketidakseimbangan hormon penyebab kanker rahim. Gejala umum yang terjadi adalah sakit pada panggul, pendarahan pada wanita menopause, sakit pada saat berhubungan seksual, sakit pada saat buang air kecil, merasa kelelahan secara terus menerus dan lain sebagainya. Wanita dengan riwayat penyakit diabetes mellitus, hipertensi dan wanita gemuk lebih rentan terserang kanker rahim. Wanita yang belum pernah hamil dan pernah dikuret juga bisa terkena kanker rahim.

 

10. Kanker Serviks

Kanker serviks disebut juga kanker leher rahim adalah kanker ganas yang menyerang wanita. Kanker serviks adalah pembunuh nomor satu. Kanker serviks menjadi momok menakutkan bagi para wanita di Indonesia dan masih banyak yang enggan melakukan pemeriksaan dini karena merasa risi membuka organ intimnya. Gejala yang terjadi pada penderita kanker serviks diantaranya adalah kurus, pucat, mengalami keputihan disertai darah dan berbau secara terus-menerus, terasa sesak dan nyeri diperut bagian bawah, pembengkakan pada tungkai kaki, pendarahan pada saat berhubungan seksual dan lain sebagainya. Faktor pemicu terjadinya kanker serviks adalah berhubungan seksual usia dini, bergonta-ganti pasangan, sering melahirkan, terinfeksi HPV (human papiloma virus), merokok, mengkonsumsi alkohol, tidak menjaga kebersihan organ vittalnya dan lain sebagainya.

Sumber : http://top10.web.id/kesehatan/10-jenis-kanker-yang-menyerang-wanita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s